Si Buta dan Lampu Petromak

Cerita motivasi- pernahkah kamu mendengar cerita Si buta dan Lampu petromak,apa yang kamu pikirkan saat melihat orang buta membawa lampu petromak dimalam hari?apakan tindakannya itu bagus atau tidak,apa yang dilakukannya itu percuma atau tidak,ini dia Si buta dan Lampu petromak:


Di sebuah desa yang masih belum tersentuh listrik,hiduplah orang yang buta di desa itu,si buta itu setiap harinya bekerja di sebuah pabrik,dia bekerja dari pagi hingga malam.setiap malam didesa itu gelap sekali tidak ada cahaya kecuali cahaya bulan,itu saja kalau bulannya mau keluar,saking gelapnya desa itu setiap orangnya membawa lampu petromak untuk menerangi jalannya saat pulang kerumah.

Setiap harinya si buta itu juga membawa lampu petromak seperti yang lainnya,dan setiap pulang dia selalu bertannya pada teman kerjanya, apakah hari sudah gelap,dan sudah ada listrik di desa itu atau belum,dan temannya selalu menjawab belum,karena memang desa itu terpencil jadi desa itu susah untuk dijangkau listrik.

Setiap malamnya setelah mendengar jawaban temannya itu dia selalu meminta tolong untuk menyalakan lampu petromak miliknya,meski temannya tidak tahu untuk apa si buta itu meminta menyalakann lampu petromaknya,padahal si buta itu memang tidak bisa melihat.

Setiap harinya terus berlangsung seperti itu,dan membuat teman si buta berfikir,bahwa si buta itu orang bodoh,karena dia selalu membawa lampu petromak nyala setiap malamnya,padahal meskipun menggunakan lampu petromak si buta tetap tidak bisa melihat,dan itu hanya membuang-buang uangnya untuk bahan bakar lampu petromak itu.

Karena penasaran dengan yang dilakukan sibuta itu setiap malamnya,temannya bertanya pada si buta
"apakah kamu bisa pulang tanpa lampu petromak itu?",tanya temannya
"tentu saja bisa saya bisa pulang",jawab sibuta
"lalu kenapa kamu setiap pulang selalu menyalakan lampu petromak,bukannya itu akan membuang buang uangmu untuk membeli bahan bakar petromaknya?,oh saya tau kamu membawa lampu petromak,agar kamu terlihat seperti orang normal kan?"ujar temannya si buta,
mendengar hal yang dikatakan temannya,si buta tersenyum dan berkata
"saya membawa lampu petromak bukan untuk berpura pura bahwa saya tidak buta,tapi saya membawa lampu petromak untuk tanda bahwa di lampu itu ada orangnya dan agar orang-orang tidak menabrak saya karena gelap",ucap si buta

mendengar jawaban itu temannya sadar,bahwa selama ini yang bodoh itu dirinya bukan si buta,karena menganggap hal yang dilakukan si buta hanya percuma.
janganlah menilai seseorang tanpa mengetahui faktanya

Dari cerita diatas kita tahu,memang sekarang ini banyak orang menilai sesuatu itu tanpa mengetahui faktanya,orang selalu berfikir,apa yang dia lihat adalah merupakan fakta dari orang tersebut,jadi janganlah menilai sesuatu dengan sekilas saja dan menentukan orang itu baik atau tidak,pintar atau bodoh,faktanya kita belum mengetahui kebenaran dari yang dilakukan orang tersebut.

Itu dia cerita motivasi,tentang  Si buta dan Lampu petromak semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca,terima kasih atas perhatiannya salam dari saya DONE MOTIVATION.

Baca Juga:

 Cerita Motivasi Dari Kata Mutiara Bill Gates 

Gelas antik dan gelas biasa  

Harapan tak pernah terbatas  

1 comments:

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)


EmoticonEmoticon