Cara menginstall SQL server 2014 Express & SQLManagement Studio Express 2014 Gratis

Beberapa waktu lalu, saya dibuat pusing dengan yang namanya SQL Server, lantaran saya tidak tahu cara menginstal, apa saja yang harus diinstal dan bagaimana cara menggunakannya.

Sebenarnya saya membuat ini untuk catatan,bila saya lupa cara menggunakannya. Dan nantinya SQL Server ini akan saya hubungkan dengan Code Iqniter 3 untuk penutup dari awal postingan ini dibuat.

Berikut ini daftarnya nanti:
1.Menginstall SQL Server 2014 express
2.Menginstall SQL Server 2014 management studio express
3.Cara mengkoneksikan Code Iqniter 3 dengan SQL Server (MSSQL)

Mari masuk ke tahap pertama dulu

Cara Menginstall SQL Server 2014


Requitment, Saya disini menggunakan windows 10 64 bit

1.Download SQL Server 2014 express di situs microsoftnya langsung yaitu disini . Lihat gambar dibawah untuk mengetahui apa yang perlu didownload. Oh ya sebelumnya pilih button download warna orange agar keluar seperti ini.

Diatas itu kamu bisa melihat yang saya kotaki hitam, itu adalah yang kita download. Disitu kamu juga melihat MgmtStudio 64BIT\SQLManagementStudio_x64_ENU.exe kan? itu kamu checklist seperti yang saya kotaki, itu ada dibawah tinggal scroll aja.

2. Kalau benar maka total yang kamu download sekitar 880.6 MB an, itu sudah termasuk SQL Server dan SQL management studio

3.Setelah selesai download silahkan kamu running dan nanti akan menhasilkan folder seperti dibawah ini
Yang warna hitam adalah hasil downloadtan tadi, sedangkan yang warna merah adalah hasil extraxkannya.

4.Sekarang mari kita menginstall SQL Server nya terlebih dahulu, silahkan klik Folder SQLEXPR_x64_ENU dan Klik Setup seperti gambar dibawah ini

Lalu akan mucul gambar seperti dibawah ini dan klik 2 kali seperti gambar ini yang saya kotaki hitam
Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini dan pilih i accept the licensed term seperti dibawah ini dan klik next
Setelah itu klik next lagi tanpa ada yang dichecklist seperti gambar dibawah ini
Selanjutnya Select All seperti gambar dibawah ini dan next
Selanjutnya beri nama seperti yang ada digambar dibawah ini
Selanjutnya lakukan seperti dibawah ini
Selanjutnya saat muncul tampilan seperti dibawah ini, silahkan pilih mixed mode dan isikan password minimal 6 karakter seperti dibawah ini
Klik next dan apabila berhasil akan muncul gambar seperti dibawah ini, biasanya proses instalasinya ada 30 menitan
Setelah itu silahkan di close, dan lakukan restart pada pc anda agar bisa untuk menginstall SQL Managament studio pada langkah selanjutnya

Menginstall SQLManagement studio express 2014


1. Setelah kamu merestart pc mu, langkanya hampir sama seperti yang pertama, silahkan masuk ke folder SQLManagement Studio dan klik 2 kali setup,seperti gambar dibawah ini
Selanjutnya klik 2 kali seperti gambar dibawah ini

Selanjutnya klik next tanpa ada yang dichecklist seperti dibawah ini
Selanjutnya silahkan checklist add fitured seperti gambar dibawah ini
Selanjutnya silahkan select all dan Klik next seperti gambar dibawah ini
Setelah itu silahkan tunggu proses penginstallannya, apabila berhasil maka akan seperti digambar dibawah ini yang ijo ijo
Setelah itu klik close, dan restart pc anda lagi. Dan silahkan di cek pada start->all App, seharusnya aplikasinya sudah terinstal seperti dibawah ini
Hasilnya seperti yang saya beri kotak hitam, sedangkan yang saya beri kotak merah, itu yang akan kita gunakan untuk mengkoneksikan dengan code iqniter 3. Kamu bisa melihat di artikel ini Cara mengkoneksikan Code Iqniter 3 dengan SQL Server (MSSQL)